Yummy, Oleh-Oleh Makanan Medan Ini Menggugah Selera

Sama seperti dengan kota-kota lainnya yang ada di Indonesia, khususnya yang ada di Pulau Sumatera. Medan, adalah salah satu kota.

Sama seperti dengan kota-kota lainnya yang ada di Indonesia, khususnya yang ada di Pulau Sumatera. Medan, adalah salah satu kota penuh dengan hal menarik dan banyak orang berkunjung kesana untuk berbisnis, dan juga berwisata bersama keluarga atau teman-teman kantor. Tidak sedikit orang saat berwisata membeli oleh-oleh khas sana yang bisa membuat senang hati orang yang tidak ikut berwisata. Tapi apa kamu tahu oleh-oleh makanan di medan yang bisa menggugah selera? Kalau belum tahu yuk ikuti tulisan ini sampai bawah supaya bisa tahu makanan yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

  • Bika Ambon. Walaupun memakai nama Ambon, kue Bika Ambon sebenarnya berasal dari Medan. Kue memiliki warna kuning dengan tekstur berserat serta berlubang ini cukup lama jadi pilihan oleh-oleh favorit pelancong yang berpelesiran ke Medan. Tidak hanya rasa original, kue Bika Ambon pun punya beberapa rasa lain semisal rasa pandan dan keju. Ada banyak sekali penjual kue bika Ambon di kota Medan, salah satu yang sangat terkenal ialah Bika Ambon Zulaikha di Jl. Mojopahit Nomor. 62. Harga Bika Ambon size besar kira-kira Rp 60–70 ribu dan size kecil antara Rp 35–43 ribu dengan daya tahan sampai empat hari kadaluarsa.
  • Bolu Meranti. Akhir-akhir ini, Bolu Meranti sebagai oleh-oleh yang sangat banyak diburu para pelancong yang datang ke Medan. Bolu Meranti sekilas mirip Lapis Surabaya yakni kue bolu yang dikasih selai. Kue ini punya banyak varian rasa yaitu ada keju, moka, kacang, stroberi, nanas, blueberry, cappucino, coklat,  abon ayam dll. Gerai penjual Bolu Meranti terdapat di Jl. Kruing Nomor. 2K dan Jl. Sisingamaraja Nomor. 19B. Harganya antara Rp 45–75 ribu dengan daya tahan kadaluarsa sampai tiga hari.
  • Durian Medan. Oleh-oleh khas Medan yang harus dibawa ialah Durian Medan. Sejak maraknya pelancong yang naik pesawat, banyak yang kesusahan membawa oleh-oleh durian sebab dilarang oleh para maskapai penerbangan. Untuk menyiasatinya, setiap pedagang durian menjajakan durian yang telah dikupas dan dikemas secara rapih hingga aroma durian yang menyengat tak tercium lagi. Durian kupas tersebut bisa di bawa langsung maupun dikirim lewat paket. Suatu kios penjual durian yang ngetop di Medan ialah Durian Ucok yang letaknya di Jln. Iskandar Muda dan Jln Wahid Hasyim. Harga durian yang dijajakan berkisar Rp 20–40 ribu/buah. Ada pula durian dalam paket kemasan yang boleh tahan sampai dua minggu yang dibanderol dari harga Rp 125–400 ribu.
  • Sirup Markisa. Medan pun punya minuman khas yang kerap dibuat oleh-oleh. Satu diantaranya ialah sirup markisa. Sirup markisa Medan tersohor dengan rasa manis serta kesegarannya. Ada 2 jenis sirup yang tersohor di Medan yakni Markisa Jus Pohon Pinang juga Markisa Sarang Tawon. Sirup markisa disediakan hampir setiap toko oleh-oleh Medan. Harganya bervariasi Rp 25–30 ribu. Sebagian besar buah markisa yang dibuat bahan baku sirup dihadirkan dari kawasan Berastagi yang adalah wilayah pusat buah-buahan Sumatera Utara.
  • Lemang. Lemang merupakan makanan yang dibuat dari beras pulut yang dibakar didalam sepotong bambu. Lemang Medan telah terkenal semenjak 1970-an dan banyak sekali dijadikan oleh-oleh. Penjual lemang dapat ditemukan di Jl. Flamboyan, Jl. Gatot Subroto dan Jl. Bromo Medan. Harganya Rp 20-25 ribu /bambu atau Rp 5 ribu/porsi. Lemang didalam bambu yang belum dibelah tahan selama dua hari sementara yang telah dibuka cuma tahan semalaman.

One thought on “Yummy, Oleh-Oleh Makanan Medan Ini Menggugah Selera”

Leave a Reply

Your email address will not be published.