Inilah Sejarah Derby Della Capitale Buat Anda Semua

Pada tanggal 8 Desember 1929 untuk pertama kalinya dua klub asal Italia, Lazio dan AS Roma saling berhadapan. Dan sejak saat itu, persaingan dua klub dari kota Roma tersebut terus menyuguhkan laga-laga yang berlangsung sengit dan dinyatakan sebagai derby terpanas di Italia. Laga derby antara klub yang berasal dari ibu kota Italia (Derby della Capitale) untuk pertama kalinya berlangsung di kompetisi Serie A Italia, saat itu AS Roma berhasil keluar sebagai pemenang berkat gol tunggal dari Rodolfo Volk. Dulu laga masih belum diselenggarakan di Stadio Olimpico, namun diselenggarakan di kandang Lazio, Rondinella Stadium.

Apa Itu Derby Della Capitale

Stadio Olimpico mulai digunakan sebagai markas bersama untuk kedua tim sejak tahun 1953. Semenjak itu, para fans/ supoerter garis keras (ultras) AS Roma memadati tribun selatan (Curva Sud) Stadion. Sementara itu ultras Lazio menempati tribun bagian utara (Curva Nord) Stadio Olimpico. Ketegangan laga di antara kedua klub tersebut sudah mulai terlihat sebelum laga perdana antara kedua klub tersebut terjadi. Associazione Sportiva Roma atau AS Roma dibentuk di tahun 1927, AS Roma adalah gabungan dari 3 klub yang berasal dari ibu kota Italia, yaitu Roman FC, Fortitudo-Pro Roma SGS, SS Alba-Audace adan .

#MasterAgen  juga pernah menuliskan jika Diktator Fasis, Benito Mussolini yang merupakan orang dibalik berdirinya AS Roma, Mussolini menginginkan klub-klub tersebut untuk menjadi pesaing yang serius untuk klub-klub di bagian utara Italia seperti Juventus, AC Milan, dan Inter Milan. 27 tahun jauh sebelum AS Roma terbentuk, Societa Sportiva Lazio atau SS Lazio lebih dulu telah berdiri. SS Lazio kemudian menolak bergabung bersama AS Roma. Dan penolakan tersebut ditengarai menjadi asal-muasal dimulainya persaingan sengit antara kedua klub tersebut. Rivalitas terpanas yang dikenal sebagai Derby della Capitale tersebut kemudian disebut sebagai salah satu derby terpanas di dunia sepakbola Italia maupun Eropa, karena seringnya terjadi insiden kekerasan di setiap laga mereka. Peristiwa paling buruk terjadi di tanggal 28 Oktober 1979, saat itu suporter AS Roma melemparkan flare ke arah tribun suporter Lazio. Akibat dari peristiwa tersebut ada seorang suporter Lazio, yaitu Vincenzo Paparelli menjadi korban yang meninggal dunia.

Hingga artikel ini dibuat, Derby della Capitale tercatat telah terjadi sebanyak 165 laga di semua kompetisi resmi. AS Roma unggul dengan torehan 62 menang, 60 imbang, dan Lazio hanya mampu memenangkan 43 laga. Laga Derby della Capitale pernah terjadi di partai final Coppa Italia, yaitu tanggal 26 Mei 2003. Di mana Lazio berhasil keluar sebagai juara setelah mengandaskan AS Roma dengan skor 1-0. Lazio pernah sukses mencatatkan kemenangan paling banyak di laga Derby della Capitale dalam satu musim. Rekor tersebut terjadi di musim 1997/1998, ketika itu Lazio sukses meraih kemanangan di 4 laga Derby della Capitale yang terjadi di sepanjang musim itu (2 kali di ajang Serie A, serta perempat final Coppa Italia). Dalam Derby della Capitale, Francesco Totti tercatat menjadi pemain yang paling banyak tampil dalam derby Roma tersebut dengan total tampil di 41 laga. Kapten Roma tersebut juga tercatat menjadi top skor dengan raihan 11 gol. Hingga memasuki setengah musim 2016/17 laga Derby della Capitale tercatat telah terjadi sebanyak 165 laga resmi. Blog Berita bola menarik lainnya yang bisa anda kunjungi juga.

One thought on “Inilah Sejarah Derby Della Capitale Buat Anda Semua”

Leave a Reply

Your email address will not be published.